Cara Membuat Akuarium Ikan Hias yang Mengesankan

Banyak cara untuk membuat akuarium ikan hias menjadi lebih mengesankan daripada bentuk yang biasa saja. Dari membuat hiasan sampai menempatkan tanaman air yang tepat akan memberikan kesan yang lebih indah pada akuarium Anda.

Untuk membuatnya tidak butuh waktu dan modal yang banyak karena pada kesempatan kali ini akan memberikan langkah mudah untuk membuatnya.

Sebelum mulai membuat desain akuarium tersebut sebaiknya menentukan dahulu tema yang ingin dipakai dalam akuarium, misalkan tema habitat alami ikan atau tema perkotaan. Tema ini digunakan untuk menentukan peralatan dan desain tampilannya nanti.

Jenis Ikan Hias yang Dipakai
Setelah tema dibuat maka langkah selanjutnya adalah jenis ikan hias yang akan dimasukkan ke dalam akuarium. Pada tahap ini Anda perlu menentukan ukuran ikan, kombinasi warna satu dengan yang lainnya, dan jenis ikan apakah predator atau hidup berkelompok.

Dari jenisnya tersebut akan membantu mendapatkan konsep akuarium yang mengesankan. Misalkan Anda ingin menggunakan tipe ikan kecil yang berwarna-warni maka Anda bisa menggunakan ikan guppy atau ikan cupang kelompok. Ada banyak jenis ikan yang bisa Anda gunakan dan menjadi koleksi untuk akuarium Anda.

Sesuaikan Akuarium dengan Ukuran Ikan
Langkah selanjutnya adalah membuat akuarium yang memiliki ukuran yang kondusif untuk memelihara ikan hias tersebut. Untuk ukuran ini memang bergantung dari keinginan Anda.

Tetapi banyak yang salah karena ada beberapa jenis ikan yang selama hidupnya bisa memiliki ukuran yang cukup besar tetapi menggunakan akuarium yang biasa saja. Dengan begini akan mudah membuat ikan berenang dengan bebas dan meletakkan berbagai dekorasi menarik lainnya.

Membuat Taman Air
Taman air merupakan sebuah dekorasi dimana menggunakan berbagai tanaman air dan dekorasi biotik lainnya. beberapa bahan yang bisa Anda pakai adalah tanaman keras yang sudah mati tetapi memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, pasir yang sudah dicuci dahulu, kerikil, batu, sampai jenis tanaman air yang tidak mengotori. Dari bahan tersebut bisa Anda susun untuk mendapatkan satu kesatuan taman air yang bagus untuk ikan hias.

Dekorasi Tambahan
Beberapa dekorasi tambahan yang bisa Anda pakai misalnya penambahan bangunan kecil pada akuarium atau benda lain yang masih sesuai dengan tema yang Anda buat.

Dekorasi ini menjadi tambahan untuk menyelesaikan tema yang dibuat untuk akuarium. Nantinya hasil jadi dari dekorasi tersebut bisa membuat akuarium Anda tampak mengesankan. Tidak banyak yang membuat dekorasi ini karena banyak orang yang hanya menampilkan keindahan dari ikan hias saja.

Langkah tersebut sangat mudah diikuti dan bisa menghasilkan tampilan yang lebih berbeda dan mengesankan pada bagian akhirnya. Beberapa alat tambahan yang bisa Anda gunakan juga seperti air terjun pasir atau bianglala kecil juga bisa Anda pakai. Semoga cara membuat akuarium untuk ikan hias yang mengesankan bisa membantu Anda.