Cara Merawat dan Memelihara Ikan Hias

Merawat dan memelihara ikan hias memang bukan perkara yang mudah karena membutuhkan kedisiplinan dan cara yang tepat agar kondisi akuarium selalu bersih. Beberapa masalah akuarium seperti dinding berlumut, banyak kotoran ikan, sampai kondisi air yang tidak jernih.

Hal ini akan mengganggu hidup ikan dan merusak pemandangannya karena akuarium memang digunakan untuk sebagai hiasan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dari membersihkannya sampai mengatur kondisi air agar tidak menimbulkan penyakit pada ikan. Anda bisa melakukan langkah di bawah ini untuk cara merawat dan memelihara ikan tersebut.

Sediakan Sirkulasi Air dan Penyaringan
Langkah yang pertama adalah menyediakan sirkulasi air yang cukup dan berfungsi normal. Sirkulasi yang tepat akan membuat kondisi akuarium akan tetap jernih dan terbebas dari kotoran yang ada di dalamnya.

Biasanya terdapat kotoran yang melayang dan ada di permukaan air sehingga nantinya pada aliran paling atas dari akuarium akan masuk ke tempat penyaringan dan setelah disaring airnya akan masuk kembali ke akuarium lagi. Ikan hias nantinya akan berenang dan menghindari permukaan air tersebut sehingga aman untuk menggunakan cara ini.

Pakan Ikan Hias Secukupnya
Banyak orang yang masih salah dalam memberikan pakan kepada ikan karena terkadang memberi makannya terlalu banyak. Hal ini justru akan membuang pakan dan membuat kondisi akuarium cepat kotor.

Ikan tidak terlalu banyak makan sehingga jika Anda memberikannya sehari 2 kali tidak perlu terlalu banyak. Anda bisa menggunakan sendok pakan yang disediakan pada bungkus pakan ikan tersebut untuk memberikan takaran yang pas. Ikan yang terlalu banyak juga akan menimbulkan obesitas sehingga bentuknya menjadi tidak sempurna lagi.

Bersihkan Akuarium Secara Berkala
Pada Minggu kedua atau Minggu ketiga Anda bisa melakukan pembersihan total pada akuarium. Anda perlu membuat hitungannya untuk membersihkan misalkan dua Minggu sekali atau tiga Minggu sekali.

Walau nanti ketika sudah masuk periode pembersihan namun kondisi air masih bersih tetap harus dibersihkan total untuk menjaga kondisi air tetap berkualitas. Anda bisa mengurangi airnya terlebih dahulu baru memindahkan ikan hias ke ember.

Selanjutnya langsung bersihkan menggunakan sikat dan sabun. Untuk tanaman air usahakan memindahkannya terlebih dahulu ke dalam ember untuk menjaga kondisinya agar tetap segar.

Hindari Kontak Akuarium dengan Sinar Matahari
Menghindari kontak langsung dengan sinar matahari akan mengurangi percepatan tumbuhnya lumur.

Pada akuarium yang terkena sinar matahari tersebut dalam beberapa hari akan muncul lumut yang mengganggu sehingga dinding menjadi berwarna cokelat atau hijau dengan kondisi air yang terus menurun. Sebaiknya pindahkan akuarium pada tempat yang lebih tertutup tetapi cukup mendapatkan cahaya.

Dari beberapa langkah mudah untuk merawat dan memelihara ikan hias tersebut bisa membantu Anda. Tidak hanya menjaga kebersihan dan kesehatan ikan saja tetapi juga untuk menjaga tampilan akuarium menjadi maksimal. Ikan hias nantinya akan dapat berenang dengan bebas tanpa harus bermasalah dengan kondisi air yang buruk.