Jenis Ikan Hias Air Laut yang Indah dan Mudah Dipelihara

Tidak hanya ikan hias air tawar saja yang menjadi peliharaan di akuarium tetapi ikan air laut juga tidak kalah menariknya. Beberapa orang pasti sudah terbayang bagaimana sulitnya memelihara ikan air laut karena membutuhkan air dengan kandungan garap yang tepat.

Jika Anda sudah memeliharanya tentu akan berkata sebaliknya. Air laut memang harus diambil dari tempatnya langsung, dalam hal ini harus mengambilnya di laut atau pantai karena untuk menjaga mikro organisme yang hidup di dalamnya.

Perawatan lain memang diberikan seperti ikan pada umumnya namun tetap harus disesuaikan dengan jenis ikannya. Berikut ini akan memberikan referensi kepada Anda untuk memilih jenis ikan laut yang bagus dan mudah dalam merawatnya.

Jenis Ikan Hias Air Laut dengan Warna yang Menarik

Blue Tang
Ikan yang pertama adalah Blue Tang dengan warna utama adalah biru tua yang diikuti dengan sirip belakang yang berwarna kuning.

Ikan ini bisa Anda dapatkan dari ukuran yang kecil karena pada umumnya besar ikan ini bisa mencapai 30 cm. Ikan ini dikenal dengan nama ikan Dory yang bisa Anda pelihara dengan mudah pada akuarium Anda. Perlu ditambahkan terumbu karang dan anemon laut untuk memberikan kesan alaminya.

Yellow Tang
Ikan hias satu ini hampir mirip dengan ikan Dory tetapi warna yang dominan adalah kuning pada keseluruhan tubuhnya. Ikan ini juga memiliki bentuk dengan moncong yang agak panjang.

Anda dapat menjadikan ikan ini sebagai hiasan karena memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat dari jenis ikan lainnya sehingga jika ada perubahan terhadap habitatnya tetap bisa menyesuaikan. Ikan ini dapat tumbuh hingga ukuran 20 cm.

Clownfish / Nemo
Ikan badut atau clownfish ini dapat Anda beli di berbagai tempat penjualan ikan hias laut karena banyak yang mencarinya.

Ikan yang dikenal dengan nama ikan nemo ini dapat tumbuh dan berkembang secara mudah pada akuarium dengan kondisi tetap harus beserta anemonnya.

Habitat asli dari ikan ini pada perairan dangkal dengan terumbu karang yang beragam. Ukurannya hanya mencapai 10 cm saja untuk ukuran ikan dewasanya.

Lionfish
Beberapa orang akan ngeri ketika mendengar bahwa ikan ini dijadikan sebagai ikan hias peliharaan, pasalnya ikan ini memiliki kandungan racun yang mematikan.

Namun bukan berarti Anda akan menjauhi ikan eksotis satu ini karena menampilkan bentuk dan warna yang sangat menawan. Perawatannya juga sangat mudah seperti ikan laut pada umumnya namun perlu prosedur tertentu agar aman untuk dikoleksi.

Ikan air laut memang memiliki daya tarik tersendiri dari warna dan bentuk. Maka dari itu Anda bisa mengoleksi dari beberapa ikan tersebut. Dengan prosedur dan cara perawatan yang tepat akan memberikan tingkat hidup yang lebih lama untuk ikan hias tersebut, semoga bisa memberikan referensi baru untuk Anda.