Jenis Ikan Hias yang Mudah Dipelihara di Akuarium

Memelihara ikan hias memang sangat menyenangkan apalagi pada ikan tersebut terdapat warna-warni yang sangat menarik perhatian. Ikan hias air tawar tidak semuanya bisa masuk ke akuarium karena hanya beberapa kategori saja untuk memeliharanya di tempat tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan seperti ukuran ikan yang tidak terlalu besar, warna ikan yang mencolok, dan tidak dikategorikan sebagai predator ikan lain. Itulah jenis ikan yang bisa Anda pelihara di akuarium, berikut ini akan memberikan referensi kepada Anda untuk membeli memelihara ikan sendiri di rumah.

Ikan Hias Cupang
Ikan ini memang dikenal sebagai ikan yang memiliki keanekaragaman warna yang sangat menarik perhatian. Pada karakteristik ikan ini memang bisa masuk ke dalam kategori ikan hias akuarium tetapi ada yang perlu diperhatikan.

Biasanya ikan cupang yang dipelihara secara individu akan memiliki sifat menyerang dan predator maka dari itu jika digabungkan dengan ikan cupang lain akan bertengkar sendiri.

Itulah mengapa Anda perlu memelihara ikan cupang yang dibesarkan secara kelompok, ikan ini tersedia di pasar ikan sehingga tidak terlalu sulit mendapatkannya. Jika sudah berenang bersama di akuarium pastinya akan sangat seru dan menyenangkan untuk dilihat.

Ikan Guppy
Ada juga ikan hias lain berukuran kecil yang hampir mirip dengan cupang yaitu ikan Guppy. Ikan ini berukuran 2 sampai 3 cm saja dan bisa menghasilkan keturunan yang memiliki warna yang berbeda.

Inilah mengapa sangat direkomendasikan untuk memelihara ikan Guppy ini sebagai penghias akuarium. Banyak warna dan corak yang bisa Anda pilih ditambah lagi jika nanti sudah menghasilkan keturunan bisa berbeda warna lagi.

Pemberian makan yang mudah dan tidak terlalu mengotori akuarium menjadi salah satu kelebihan dari ikan Guppy ini.

Ikan Hias Mas Koki

Ikan jenis satu ini memang berukuran agak besar dan menggembung tetapi bukan termasuk jenis predator. Ikan yang memiliki ciri khas warna merah dan putih ini sering dijadikan sebagai penghias akuarium kebanyakan karena bisa menambah ketertarikan orang untuk melihatnya.

Anda bisa membeli ikan ini dari yang terkecil sehingga nantinya tidak terlalu besar dalam jangka pendeknya. Memberi makan ikan Mas Koki ini tidak terlalu sulit juga, hanya membutuhkan pakan biasa dan pembersihan akuarium secara berkala.

Ikan Hias Discus
Ikan Discus memang menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai ikan akuarium karena memiliki warna yang mencolok dan bagus. Banyak orang yang memilihnya juga karena ikan Discus ini mudah dalam perawatannya.

Namun beberapa jenis ikan ini sangat rentan terhadap penyakit yang menyerangnya sehingga perlu perawatan khusus untuk memeliharanya. Anda bisa mendapatkan harga yang murah dari ikan ini jika ingin mengoleksinya.

Itulah jenis ikan yang bisa Anda pelihara di akuarium, perlu Anda perhatikan apabila memelihara tersebut harus memperhatikan kebersihan dan pakan yang sesuai ditambah lagi dengan sanitasi filter air yang terus terjaga. Demikian informasi yang bisa disampaikan dari ikan hias untuk akuarium yang bisa menjadi referensi untuk Anda gunakan.